Home Tips Si Mas Cara mengembalikan File yang Terhapus di Memory Card tanpa Software

Cara mengembalikan File yang Terhapus di Memory Card tanpa Software

214
0

Memory card menjadi salah satu perangkat penyimpanan yang dipilih sebagian orang untuk menyimpan file tambahan atau file penting di beberapa gadget. Sayangnya, sering kali file yang tersimpan tidak sengaja terhapus atau hilang terkena virus. Atau bisa jadi kamu sengaja menghapus file tersebut karena ingin menyimpan file lain tapi kapasitas memory card sudah penuh.

Hal ini tentu mengesalkan, apalagi data yang tersimpan di memory card sangat penting dan belum sempat di back up. Untungnya kini ada berbagai cara untuk mengembalikan file yang terhapus di memory card. Jadi kamu tidak perlu panik dan bingung.

Baca juga : Cara merawat Hp Android Samsung

Bila kamu masih membutuhkan file yang terhapus, kamu bisa mengembalikan file tersebut seperti semula dengan berbagai cara, bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali. File yang terhapus bahkan bisa dikembalikan seperti keadaan semula berdasarkan tanggal sebelum kamu menghapus file tersebut menggunakan fitur restore previous versions. Penasaran bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di memory card tanpa software? Berikut ulasannya.

  • Langkah pertama ialah menghubungkan memory card ke komputer atau laptop menggunakan card reader.
  • Setelah itu buka windows explores dan cek memory card. Kamu harus mengetahui tempat folder dimana file yang terhapus sebelumnya tersimpan. Misal, kamu menyimpan file tugas kuliah di folder kuliah. Maka kamu cek folder kuliah tersebut.
  • Setelah folder dipastikan, kamu tinggal klik kanan folder tersebut, kemudian pilih restore previous version.
  • Klik dan akan muncul sebuah kotak dialog. Dalam kotak ini kamu bisa menentukan waktu file yang terhapus. Pastikan kamu memilih tanggal atau bulan dimana file tersebut masih ada. Setelah itu, pilih restore dan ok.
  • Nantinya akan ada proses scan. Tunggu hingga proses pengembalian data selesai dan muncul tulisan Your fileshave been restored. Setelah itu tekan finish.
  • Setelah itu, cek folder tempat file yang terhapus. Apakah file yang terhapus sudah muncul kembali atau belum.
  • Jika tidak ada, berarti file memang sudah terhapus permanen dan membutuhkan software khusus.

Yang terpenting, lakukan cara diatas secepat mungkin setelah file terhapus. Hal ini penting agar data dapat dikembalikan lebih sempurna. Pasalnya, jika cara ini dilakukan setelah file terhapus cukup lama, kemungkinan file kembali utuh cukup kecil. Jika kamu tidak menemukan fitur restore previous version pada laptop atau komputer, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

  • Masuk ke control panel untuk mengaktifkan sistem protection.
  • Caranya masuk ke bagian system & security> Sysem> Protection System (pada bar sebelah kiri).
  • Pilih drive (tempat memory card), pilih folder yang diinginkan. Kemudian klik configure.
  • Klik Restore system settings and provious versions of files, kemudian klik OK

Setelah itu, kamu akan melihat pilihan untuk memulihkan file yang terhapus.
Cara mengembalikan file yang terhapus di memory card diatas memang cukup mudah. Namun, manfaatnya sangat besar bagi kamu yang kehilangan data penting. Meski tanpa aplikasi tambahan, file yang tidak sengaja terhapus bisa dikembalikan dengan cepat dan mudah.

Baca juga : 9 Hp Nokia jadul yang banyak dicari

Kamu pun bisa melanjutkan pekerjaan dan kegiatan. Namun, tetap berhati – hati kala menyimpan atau menghapus file. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali. Pasalnya, tidak selamanya cara diatas berhasil. Ada kalanya file yang dikembalikan tidak bisa dibuka atau menjadi rusak.

Beberapa file dan folder yang tidak bisa dikembalikan dengan cara diatas, bisa kamu coba kembalikan dengan cara menggunakan software atau aplikasi khusus. Sayangnya, cara ini dianggap lebih lama dan harus mengunduh aplikasi yang terkadang berbayar.

Ok, mungkin hanya itu saja trik sederhana yang bisa sobat praktekkan untuk mengatasi masalah mengembalikan file yang terhapus di memory Card.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here